Susanti, Ernita (2011) Kontribusi Hasil Belajar Mata Diklat Produktif dan Minat Siswa terhadap Hasil Belajar Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Pada Jurusan Teknik Elektronika di SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ERNITA_SUSANTI_65507_2011.pdf [thumbnail of B1_5_ERNITA_SUSANTI_65507_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ERNITA_SUSANTI_65507_2011.pdf
Download (748kB)
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah seberapa besar kontribusi hasilbelajar mata diklat produktif terhadap hasil belajar prakerin, seberapa besarkontribusi minat siswa terhadap hasil prakerin, dan seberapa besar kontribusi hasilbelajar mata diklat produktif dan minat siswa secara bersama-sama terhadap hasilbelajar prakerin siswa kelas XII Jurusan Teknik Elektronika di SMKN 5padang.Tujuan Penelitian untuk mengungkapkan : 1) Seberapa besar KontribusiHasil Belajar Mata Diklat Produktif Terhadap Hasil Belajar Prakerin Siswa PadaJurusan Teknik Elektronika di SMKN 5 Padang, 2) Kontribusi Minat SiswaTerhadap Hasil Belajar Prakerin Siswa Pada Jurusan Teknik Elektronika diSMKN 5 Padang, dan 3) Kontribusi HasilBelajar Mata Diklat Produktif danMinatSiswa Secara Bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Prakerin Siswa Pada JurusanTeknik Elektronika di SMKN 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan asosiatifdeskriptif. Populasi seluruh siswa kelas XII jurusan Teknik Elektronika di SMKN5 Padang. Penentuan sampel adalah teknik total sampling. Dari uji hipotesis 1nilai korelasi produk moment 0,811 dengan KD = 65.7 % kontribusi yang terjadiantara X1 terhadap Y tergolong kuat sedangkan uji t hipotesis 1 didapatkan nilai thitung = 10.62 dan t tabel = 2.00 maka t hitung> t table kontribusi yang terjadipada hubungan tersebut signifikan. Uji hipotesis 2 nilai korelasi produk momentX2 terhadap Y (r x2,y) = 0,794 dengan KD = 63 % kontribusi yang terjadi antaraX2 terhadap Y tergolong tinggi sedangkan uji t hipotesis 2 didapatkan nilai thitung = 16.60 dan t tabel = 2.00 maka t hitung > t table kontribusi signifikan. Ujihipotesis 3 nilai korelasi produk moment X1 dan X2 terhadap Y (R x1,x2,y) =0,848 dengan KD = 72 % kontribusi antara X1 dan X2 secara bersama – samaterhadap Y tergolong signifikan. Uji F hipotesis 3 didapatkan nilai F hitung =77.074 dan F tabel = 3.150 maka F hitung > F tabel dengan demikian kontribusisignifikan. Dari hasil analisa data yang dilakukan dapat disimpulkan terjadikontribusi signifikan antara hasil belajar mata diklat produktif terhadap hasilbelajar prakerin, terjadi kontribusi signifikan antara minat siswa terhadap hasilbelajar prakerin, dan terjadi kontribusi signifikan antara hasil belajar mata diklatproduktif siswa dan minat siswa secara besama – sama terhadap hasil belajarprakerin siswa, maka hipotesis 1, 2, dan 3 diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, MINAT SISWA, KERJA INDUSTRI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:02 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14788 |