Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Peta Konsep bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Lubuk Begalung.

Dewita, Erni (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Peta Konsep bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Lubuk Begalung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ERNI_DEWITA_95529_559_2012.pdf] Text
B1_5_ERNI_DEWITA_95529_559_2012.pdf

Download (913kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti mengajar di kelasIV SD Negeri 22 Lubuk Begalung siswa kesulitan dalam mengarang deskripsiseperti kalimat kurang runtut, keterkaitan antar paragraf tidak jelas dan EYD tidaktepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahandi atas adalah menggunakan peta konsep. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi pada tahapprapenulisan, penulisan dan pascapenulisan dengan menggunakan peta konsep bagisiswa kelas IV SDN 22 Lubuk Begalung Padang. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi pada tahapprapenulisan, penulisan dan pascapenulisan dengan menggunakan peta konsep bagisiswa kelas IV SDN 22 Lubuk Begalung PadangPendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahpenelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakanyang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil karangan. Sumber data adalahproses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 22Lubuk Begalung Padang dengan jumlah siswa 27 orang.Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifansiswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan peta konsepadalah kurang kemudian pada siklus II meningkat menjadi berkualifikasi baik.Rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata hasil belajar tahapprapenulisan adalah 69, tahap penulisan 69, dan tahap pascapenulisan 66. Padasiklus II meningkat rata-rata hasil belajar siswa tahap prapenulisan adalah 75, padatahap penulisan 77 dan pada tahap pascapenulisan 76.Dengan demikian terbuktibahwa dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar menuliskarangan deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS, KARANGAN DESKRIPSI, PETA KONSEP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 05:02
Last Modified: 26 Jun 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14783

Actions (login required)

View Item
View Item