Hafis, Abdul (2017) Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menerapkan Dasar-dasar Kelistrikan Kelas X Jurusan Teknik Audio Vidio SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ABDUL_HAFIS_16406_1400_2017.pdf [thumbnail of B1_05_ABDUL_HAFIS_16406_1400_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ABDUL_HAFIS_16406_1400_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Kelistrikan (MDKL) semester ganjil kelas x jurusan teknik audio vidio (TAV) SMK N 1 Padang, dimana 36,92% siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan lingkungan keluarga baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran MDKL siswa kelas X jurusan TAV di SMK N 1 Padang. Populasi penelitian ini berjumlah 65 orang dan sampel berjumlah 40 orang siswa kelas X jurusan TAV di SMK N 1 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran MDKL. Sedangkan data motivasi belajar dan lingkungan keluarga dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan SPSS untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 18,49% terhadap hasil belajar siswa, (2) Lingkungan keluarga memberikan kontribusi sebesar 16% terhadap hasil belajar siswa, dan (3) Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama memberikan kotribusi sebesar 28,8% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran MDKL kelas X jurusan TAV di SMK N 1 Padang. Jadi dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi Motivasi Belajar siswa dan semakin tinggi dukungan Lingkungan Keluarga dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar akan semakin baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 04:52 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 04:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14777 |