Oftarina, Eka (2014) Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kelurahan Kalumbuk Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_EKA_OFTARINA_1109442_3568_2014.pdf [thumbnail of B1_4_EKA_OFTARINA_1109442_3568_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_EKA_OFTARINA_1109442_3568_2014.pdf
Download (263kB)
Abstract
Penelitian dilatar belakang bahwa tingginya minat belajar dan antusias dalam
mengikuti proses pembelajaran, kehadiran anak cukup tinggi, pada umumnya mendapatkan
juara dikelasnya paling tidak masuk rangking 10 besar setelah menamatkan PAUD
pembelajaran belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar.Penelitian ini bertujuan
untuk melihat gambaran pelaksanaan pembelajaran di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
Kelurahan Kalumbuk Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian
adalah semua guru-guru yang berada pada 4 PAUD diKelurahan Kalumbuk berjumlah 16
orang . Menentukan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data
dilakukan dengan angket, dengan analisis data menggunakan perhitungan persentase.
Hasil kesimpulan yang didapat dari angket adalah lebih dari separoh guru PAUD
selalu merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan standar pendidikan anak usia
dini. lebih dari separoh guru PAUD selalu menggunakan materi yang sesuai dengan
Permendiknas No,58 tahun 2009, lebih dari separoh guru PAUD selalu menggunakan media
dalam proses pembelajaran. yang sesuai dengan standar pendidikan anak usia dini, lebih dari
separoh guru PAUD selalu menggunakan bermacam metode dalam proses pembelajaran.
lebih dari separoh guru PAUD selalu melaksanakan evaluasi dalam proses pembelajaran
yang sesuai dengan Permendiknas No.58 tahun 2009 tentang standar penilaian. Berdasarkan
temuan penelitian dapat disarankan guru PAUD diKelurahan Kalumbuk lebih
memperhatikan dari segi tujuan belajar berorientasi pada umur anak, setiap materi ditulis
dalam bentuk bahan ajar, hendaknya menggunakan media secara individual, kelompok dan
klasikal, evaluasi pembelajaran pada peserta didik hendaknya dilaksanakan pada setiap
kegiatan yang dilakukan setiap hari.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:21 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14711 |