Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dalam Setting Pembelajaran Science Technology Society terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Kelas IX MTsN Bukit Bunian Bukareh Kabupaten Agam.

Firma, Elva (2012) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dalam Setting Pembelajaran Science Technology Society terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Kelas IX MTsN Bukit Bunian Bukareh Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELVA FIRMA_84095_2012.pdf] Text
B1_5_ELVA FIRMA_84095_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaanbahan ajar dalam setting pembelajaran Science Technology Society terhadap hasilbelajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada MTsN Bukit Bunian BukarehKabupaten Agam semester Juli-Desember Tahun 2011.Jenis Penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi penelitian praeksperimental dengan rancangan Randomized Control Group Only Design.Populasinya adalah semua siswa kelas IX MTsN Bukit Bunian BukarehKabupaten Agam. Untuk pengambilan sampel digunakan teknik ClusterSampling, sebagai sampel terpilih kelas IX4sebagai kelas eksperimen dan kelasIX3sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk menjaring pencapaianhasil belajar ranah kognitif dalam bentuk soal objektif. Instrumen yang digunakantelah melakukan uji coba, untuk ini hasil belajar diperoleh r11=0,82 dengankriteria sangat tinggi. Aspek psikomotor melalui pengamatan/observasi denganmenggunakan rubrik penskoran, dan aspek afektif melalui pengamatan/observasidengan menggunakan lembar observasi.Berdasarkan data dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkanbahwa hasil belajar siswa rata-rata pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah74,56 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 69,22. Pencapaianhasil belajar IPA Fisika siswa pada ranah afektif kelas eksperimen lebih tinggidibandingkan kelas kontrol, hal ini dilihat dari perbandingan proporsi skor antarakedua kelas. Pencapaian hasil belajar siswa rata-rata pada ranah psikomotor yaitukelas eksperimen adalah 76,78 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrolyaitu 68,48. Perhitungan uji kesamaan dua rata-rata pada ranah kognitif diperoleh= 3,22 > = 1,67. Untuk ranah psikomotor diperoleh =4,48 >= 1,67. Perhitungan ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yangberarti penggunaan bahan ajar dalam setting pembelajaran Science TechnologySociety terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dikelas IX MTsN Bukit Bunian Bukareh Kabupaten Agam pada taraf kepercayaan95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY,HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:56
Last Modified: 26 Jun 2025 04:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14688

Actions (login required)

View Item
View Item