Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Kuis Tim dalam Model Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 2 X 11 Kayutanam.

Rahmanita, Elsya (2014) Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Kuis Tim dalam Model Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 2 X 11 Kayutanam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELSYA_RAHMANITA_05081_1772_2014.pdf] Text
B1_5_ELSYA_RAHMANITA_05081_1772_2014.pdf

Download (408kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah hasil belajarsiswa masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang masihdidominasi guru sebagai sumber informasi, sehingga menyebabkan siswa kurangaktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan penggunaan LKS berorientasi kuistim siswa diberi kesempatan untuk dapat berinteraksi, terlibat aktif dalam kegiatanpembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan LKSberorientasi kuis tim dalam model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajarsiswa kelas X SMAN 1 2 X 11 Kayutanam.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancanganpenelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 2 X 11 Kayutanam yang terdaftar padatahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik clusterrandom sampling dengan kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagaikelas kontrol. Data hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh dari tes hasilbelajar, pada ranah afektif dan ranah psikomotor diperoleh dari lembar observasi.Teknik analisis hasil belajar yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-ratadengan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, ranah afektif dan ranahpsikomotor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelaseksperimen adalah 78,286 sedangkan kelas kontrol 70,810. Denganmenggunakan uji t maka di dapatkan harga thitung > ttabel. Kemudian pada ranahafektif, hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 86,90sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 80,99. Sedangkan pada ranahpsikomotor, hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata–rata 81,952sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata–rata 76,952. Dengan menggunakanuji t maka di dapatkan harga thitung > ttabel yang berarti harga t berada di luar daerahHo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berartipenggunaan LKS berorientasi kuis tim dalam model pembelajaran interaktifterhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 2 X 11 Kayutanam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS BERORIENTASI KUIS, MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF,HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:56
Last Modified: 25 Jun 2025 08:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item
View Item