Brand Awareness Ditinjau dari Tipe Kepribadian pada Remaja Pengguna Provider Kartu XL

Falencia, Gressa (2011) Brand Awareness Ditinjau dari Tipe Kepribadian pada Remaja Pengguna Provider Kartu XL. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_GRESSA_FALENCIA_83329_1450_2012.pdf] Text
B1_5_GRESSA_FALENCIA_83329_1450_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya perusahaan mengeluarkan biaya
untuk mempromosikan merek kepada konsumen. Brand awareness tidak hanya
mengingat merek, tetapi juga kemasan, slogan, keunggulan produk, dan
sebagainya. Inilah yang menjadi ukuran keberhasilan awal suatu produk iklan
yang bermuara pada proses membeli. Merek juga memilki kepribadian yaitu
kepribadian bagi penggunanya kepribadian si pengguna akan tercermin dari merek
yang digunakannya. Kepribadian manusia tercermin dari perilaku, sikap,
pandangan tentang nilai, perasaan maupun motivasi. Oleh karena itu, peneliti
tertarik untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan brand awareness antara remaja
pengguna provider kartu XL yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan
remaja pengguna provider kartu XL yang memiliki tipe kepribadian introvert.
Hipotesis penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan brand awareness
pengguna provider kartu XL ditinjau dari tipe kepribadian pada remaja. Penelitian
ini berdesain kuantitatif deskriptif yaitu suatu tipe penelitian yang bertujuan
mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan
sifat populasi tertentu atau mencoba menggambarkan fenomena secara detail.
Populasi penelitian adalah siswa MA Negeri 2 Batusangkar yang menggunakan
provider kartu XL. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala tipe
kepribadian yang berjumlah 30 butir pernyataan yang disusun berdasarkan skala
Likert dan brand recall test yang disusun berdasarkan nama produk, jenis produk,
headline dan 6ayin-ciri khas iklan tersebut dll. Data diperoleh dengan analisis uji
beda menggunakan program SPSS 16.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan dalam brand awareness pada remaja pengguna
provider kartu XL yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan yang memiliki
tipe kepribadian introvert di MA Negeri 2 Batusangkar. Hasil analisis uji beda
didapat nilai t sebesar 10 signifikan pada taraf signifikansi 0,01 dan 0,05. Remaja
yang bertipe kepribadian ekstrovert memiliki brand awareness yang lebih tinggi
dibandingkan dengan remaja yang bertipe kepribadian introvert

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BRAND AWARENESS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:29
Last Modified: 25 Jun 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14669

Actions (login required)

View Item
View Item