Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang.

Sumita, Elsa (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELSA_SUMITA_15065011_2019.pdf] Text
B1_5_ELSA_SUMITA_15065011_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruhpenerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadaphasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) siswa kelas X Teknik AudioVideo di SMK Negeri 5 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalahdesain Quasi Experimental Design. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 2kelas yaitu kelas X TAV2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XTAV1sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialahdilakukan dengan cara simple random sampling atau pengambilan sampelsecara acak. Cara pengambilan data menggunakan posttest diakhirpembelajaran setelah masing-masing kelas diberi perlakuan. Hal ini terlihatdari hasil belajar siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 78,5 lebihtinggi sedangkan nilai kelas kontrol yang mendapatkan rata-rata hanya sebesar72,58. Hasil pengujian hipotesis Thitung 9,52 > Ttabel 2,01. Dari hasil penelitianyang telah dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkannyamodel pembelajaran Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, DASAR LISTRIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 09:09
Last Modified: 24 Jun 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14622

Actions (login required)

View Item
View Item