Selviani, Elsa (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question yang dilengkapi Handout Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ELSA_SELVIANI_05040_1000_2013.pdf [thumbnail of B1_5_ELSA_SELVIANI_05040_1000_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ELSA_SELVIANI_05040_1000_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa selama prosespembelajaran berlangsung. Siswa tidak mau bertanya dan hanya menunggupenjelasan dari guru, serta kurang berusaha untuk belajar secara mandiri. Selainitu bahan ajar yang digunakan siswa untuk belajar tidak memadai, sehingga hasilbelajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukanstrategi pembelajaran aktif. Salah satu pembelajaran yang diberikan yaituLearning Start With A Question yang dilengkapi Handout. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipeLearning Start With A Question yang dilengkapi Handout terhadap hasil belajarfisika siswa kelas X SMAN 8 Padang.Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancanganrandomized control group only design. Populasi pada penelitian adalah siswakelas X SMAN 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013sebanyakSembilan kelas (317 siswa). Pengambilan sampel digunakan teknik purposivesampling. Sampel adalah kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagaikelas kontrol. Data penelitian adalah hasil belajar pada ranah kognitif dan afektif.Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar pada ranah kognitif dan lembarobservasi pada ranah afektif.Hasil penelitian diperoleh hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif adalah77,77 pada kelas eksperimen dan 71,83 pada kelas kontrol. Selanjutnya hasilbelajar rata-rata pada ranah afektif adalah 85,97 pada kelas eksperimen dan 80,38pada kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap kedua kelompok sampel padaranah kognitif didapatkan thitung = 1,94 lebih besar dari ttabel = 1,66. Pada ranahafektif didapatkan thitung = 4,43 lebih besar dari ttabel = 1,66. Berarti H0 ditolak danHi diterima dan terdapat pengaruh hasil belajar untuk kelas eksperimen karenanilai rata – rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, maka terdapatpengaruh yang berarti penerapan strategi pembelajaran aktif tipe learning startwith a question yang dilengkapi handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelasX SMAN 8 Padang pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:25 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 08:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14619 |