Efektifitas Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Rahmayuni, Elsa (2019) Efektifitas Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELSA_RAHMAYUNI_15033104_3119_2019.pdf] Text
B1_5_ELSA_RAHMAYUNI_15033104_3119_2019.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pencapaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran fisika masihtergolong rendah. Hasil penyebaran angket di SMA Pembangunan LaboratoriumUNP menunjukkan bahan ajar dan pendekatan pembelajaran yang digunakandalam proses pembelajaran kurang bervariasi, sehingga tidak mampumemberikan pencapaian kompetensi yang memadai bagi peserta didik. Bahanajar yang digunakan dalam penelitian adalah bahan ajar interaktif bermuatan nilaikarakter dalam pendekatan saintifik yang dikembangkan oleh Haflianita Hasanah(2018) yang telah teruji valid dan praktis. Sedangkan untuk efektivitas bahan ajarbelum dilakukan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti efektivitasBahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik padaMateri Gelombang dan Optik Terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta didikKelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP.Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental Designsdengan One- Group Pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XIMIA 2 dengan jumlah peserta didik 30 orang, yang diambil dengan teknikpurposive sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis pre-test dan posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap,rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan. Analisis uji efektivitasdilakukan dengan menggunakan uji t berkorelasi.Setelah dilakukan penelitian dan dilanjutkan dengan menganalisis data,dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalamPendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik efektif digunakan dalampembelajaran pada taraf nyata 0,05 yang dapat dilihat dari peningkatankompetensi belajar peserta didik pada aspek pengetahuan pada saat sesudahmenggunakan Bahan Ajar Interaktif. Hasil efektifitas berdasarkan nilai thitung yangdidapatkan lebih kecil dari nilai ttabel. Nilai t yang diperoleh adalah -31,12sedangkan nilai -ttabel adalah sebesar -1,701.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR INTERAKTIF, NILAI KARAKTER, PENDEKATAN SAINTIFIK,KOMPETENSI PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:45
Last Modified: 24 Jun 2025 07:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item
View Item