Pembuatan LKS Berorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbing pada materi kalor dan teori kinetik gas di Kelas XI SMA/MA.

Imelda, Elsa (2019) Pembuatan LKS Berorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbing pada materi kalor dan teori kinetik gas di Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELSA_IMELDA_15033102_5438_2019.pdf] Text
B1_5_ELSA_IMELDA_15033102_5438_2019.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang, sehingga diharapkan pendidikan dapat mempersiapkan sumberdaya manusia yang sukses dalam hidup dan berkualitas dalam segala usaha untukdapat bersaing menhadapi era milenium. Untuk mencapai tuntutan pendidikan diabad 21 maka dilakukan perubahan kurikulum menjadi kurikulum 2013 revisi2017. Kurikulum 3013 revisi 2017 memuat beberapa hal penting salah satunyayaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS). Berdasarkan observasi yangdilakukan didapatkan bahwa masih kurangnya pelaksanaan pembelajaran fisikasesuai tuntutan kurikulum 2013 revisi 2017. Dimana LKS yang digunakan siswamasih kurang melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Oleh karena itu,peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkandesain LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing yang akan diujikelayakannya.Penelitian ini termasuk ke dalam jenis R&D (Research and Development)dengan model pengembangan Borg and Gall. Prosedur penelitian ini terdiri daripotensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain,uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produkmassal. Pada penenlitian ini hanya dibatasi sampai tahapan uji coba produk danrevisi produk. Uji coba produk yang dilakukan yaitu uji coba terbatas Validitasproduk dilakukan oleh 3 orang dosen tenaga ahli. Kemudian uji praktikalitasdilakukan oleh 2 orang guru dan satu kelas siswa.Setelah dilakukan pengolahan data, didapatkan hasil validitas oleh tenagaahli dengan rata-rata yaitu 82,26% dengan kategori sangat valid. Hasilpraktikalitas menurut guru dengan rata-rata yaitu 90,85% dan hasil praktikalitasmenurut siswa dengan rata-rata yaitu 83,68%. Sedara keseluruhan LKSberorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing berada pada kategori valid danpraktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL INKUIRI TERBIMBING, KALOR, KINETIK GAS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:23
Last Modified: 24 Jun 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item
View Item