Profil Pelanggaran Disiplin Sekolah oleh Siswa di SMAN 04 Mukomuko Provinsi Bengkulu dan Implikasinya dalam Pelayanan BK

Angraini, Reni (2016) Profil Pelanggaran Disiplin Sekolah oleh Siswa di SMAN 04 Mukomuko Provinsi Bengkulu dan Implikasinya dalam Pelayanan BK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RENI_ANGRAINI_1200504_5387_2016.pdf] Text
B1_5_RENI_ANGRAINI_1200504_5387_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kedisiplinan dapat berjalan dengan baik apabila pelaku disiplin memiliki sikap disiplin terhadap peraturan yang berlaku di sekolah, Banyak terjadinya pelanggaran di sekolah disebabkan penerapan disiplin kurang berjalan dengan baik. Pelanggaran tersebut menimbulkan berbagai macam masalah dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan tujuan pendidikan tidak tercapai dengan baik Penelitian ini bertujuan untuk melihat profil pelanggaran disiplin sekolah oleh siswa di SMAN 04 Mukomuko Provinsi Bengkulu dan implikasinya dalam pelayanan BK Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggambarkan profil pelanggaran disiplin sekolah oleh siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII berjumlah 292 orang siswa SMAN 04 Mukomuko Provinsi Bengkulu yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah sampel 79 orang, pemilihan sampel menggunakan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan model skala likert. Instrumen diolah melalui teknik statistik dengan menentukan nilai mean, standar deviasi, dan skor. Temuan penelitian ini secara umum mengungkapkan bahwa:(1) profil pelanggaran disiplin siswa di tinjau dari indikator disiplin dalam proses dan kegiatan belajar sebanyak 40,5% berada pada kategori rendah (2) profil pelanggaran disiplin siswa ditinjau dari indikator disiplin dalam kerapian berpakaian 44.3% berada pada ketegori cukup tinggi, (3) profil pelanggaran disiplin siswa ditinjau dari indikator disiplin dalam waktu tertentu 39.2% berada pada ketegori cukup tinggi, (4) profil pelanggaran disiplin siswa di tinjau dari indikator dalam perilaku sosial sebanyak 49.4% berada pada kategori rendah, (5) profil pelanggaran disiplin siswa dilihat dari indikator disiplin dalam kerajinan dan kebersihan lingkungan 45.6% berada pada ketegori cukup tinggi. secara keseluruhan profil pelanggaran disiplin sekolah oleh siswa di SMAN 04 Mukomuko Provinsi Bengkulu berada pada kategori rendah. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada Guru Bimbingan dan Konseling melalui layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, konsultasi dan advokasi , agar dapat meningkatkan ketaatan siswa terhadap disiplin sekolah

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROFIL PELANGGARAN DISIPLIN SEKOLAH, PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:17
Last Modified: 24 Jun 2025 06:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14603

Actions (login required)

View Item
View Item