Pembuatan Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Berbasis ICT dengan Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran IPA Siswa SMP Kelas VIII.

Rafika, Elma (2014) Pembuatan Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Berbasis ICT dengan Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran IPA Siswa SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELMA_RAFIKA_18418_895_2014.pdf] Text
B1_5_ELMA_RAFIKA_18418_895_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi lulusan sekolah menengah perlu dibentuk secara utuh. Dengandasar ini, pembelajaran IPA di SMP dilakukan secara terpadu. Kenyataan disekolah pembelajaran IPA terpadu belum diterapkan secara optimal. Salah satusolusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat bahan ajar berupa LKS IPAterpadu berbasis ICT dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter. Tujuanpenelitian ini adalah untuk menentukan validitas, deskripsi, kepraktisan, dankeefektifan bahan ajar berbentuk LKS IPA terpadu berbasis ICT denganmengintegrasikan nilai pendidikan karakter.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development.Desain penelitian yang digunakan untuk uji coba terbatas adalah desaineksperimen sebelum dan sesudah. Objek penelitian ada dua macam yaitu LKSIPA terpadu berbasis ICT dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter dansiswa kelas VIII yang berjumlah satu kelas sebanyak 23 orang. Instrumenpengumpul data yang digunakan adalah: lembar validasi, lembar uji kepraktisan,lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, dan lembar observasi nilaikarakter siswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah analisisvaliditas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis keefektifan produk.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empathasil penelitian. Pertama, LKS memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata85,75. Kedua, desain LKS IPA terpadu memiliki menu home, pendahuluan, LKS,evaluasi, download, dan menu tambahan berupa chatting dan forum diskusi. LKSIPA terpadu dilengkapi dengan video dan animasi yang dapat diakses melaluiwebsite. Ketiga, nilai kepraktisan LKS IPA terpadu berbasis ICT menurut gurudan siswa masing-masing adalah 83,8 dan 86,58. Keempat, LKS IPA terpaduberbasis ICT terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkankarakter siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA SISWA, PENDIDIKAN KARAKTER, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:14
Last Modified: 24 Jun 2025 06:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item
View Item