Kontribusi Motivasi dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Perawatan Personal Komputer (PC) dan Pheripheral Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK N 1 Bukittinggi.

Marlina, Elly (2011) Kontribusi Motivasi dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Perawatan Personal Komputer (PC) dan Pheripheral Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK N 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELLY_MARLINA_85124_2011.pdf] Text
B1_5_ELLY_MARLINA_85124_2011.pdf

Download (47kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapanganyaitu di SMK N 1 Bukittinggi, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasilbelajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Perawatan PC danPheripheral yang ditetapkan sekolah yaitu 70,00. Tujuan penelitian ini adalah untukmengungkap besarnya kontribusi motivasi dan kreativitas terhadap hasil belajarPerawatan PC dan Pheripheral siswa kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional. Jenis data yangdiperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primeradalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh penelitimengenai motivasi dan kreativitas, sedangkan data sekunder adalah data yang diperolehatau dikumpulkan peneliti dari sumber yang telah ada yakni diperoleh dari guru matapelajaran Perawatan PC dan Pheripheral. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasX di SMK N 1 Bukittinggi sebanyak 52 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilansampel penelitian ini adalah Proportional Random sampling. Sampel dalam penelitianadalah siswa kelas X di SMK N 1 Bukittinggi dengan menggunakan rumus TaroYamane adalah 34 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS(Statistik Product and Service Solution) versi 17.0. Dari hasil penelitian didapatkan (1)Motivasi (X1) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 31.6 % (2)Kreativitas (X2) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 34.8% dan (3)Besarnya persentase sumbangan variabel motivasi (X1) dan kreativitas (X2) secarabersama-sama terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 53.6 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI, HASIL BELAJAR, KOMPUTER JARINGAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:13
Last Modified: 24 Jun 2025 06:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item
View Item