Hubungan Interaksi dalam Keluarga dengan Disiplin Siswa di Sekolah

Saputra, Regi (2015) Hubungan Interaksi dalam Keluarga dengan Disiplin Siswa di Sekolah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_REGI_SAPUTRA_54179_955_2015.pdf] Text
B1_5_REGI_SAPUTRA_54179_955_2015.pdf

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ada bahwa banyaknya perilaku-perilaku negatif, seperti melanggar peraturan-peraturan yang dibuat oleh sekolah. Dimana salah satu penyebabnya adalah perlakuan buruk dan kontak yang kurang baik dalam menjalin interaksi dalam keluarganya di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran interaksi dalam keluarga, disiplin siswa dan menguji hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan disiplin siswa di sekolah. Penelitian ini berbentuk deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP N 26 Padang yang terdaftar pada tahun 2014/2015 sebanyak 768 orang siswa. Jumlah sampel yaitu 263 orang siswa yang diperoleh dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan korelasi dengan analisis korelasi Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan interaksi siswa dalam keluarga tergolong baik, disiplin siswa tergolong tinggi, dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara interaksi dalam keluarga dengan disiplin siswa di sekolah, dengan r 0,762 yang berada pada taraf signifikansi 0,01. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan mengembangkan dan meningkatkan interaksi positif siswa dalam keluarga maka dapat meningkatkan kemungkinan munculnya perilaku disiplin siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI DALAM KELUARGA, DISIPLIN SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:13
Last Modified: 24 Jun 2025 06:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14587

Actions (login required)

View Item
View Item