Penerapan Strategi Learning Cycle 5E (LC-5E) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X5 SMA N 1 Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Rahayu, Egi (2016) Penerapan Strategi Learning Cycle 5E (LC-5E) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X5 SMA N 1 Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_EGI_RAHAYU_1106647_6216_2016.pdf] Text
B1_4_EGI_RAHAYU_1106647_6216_2016.pdf

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran Sosiologi kelas X.5 SMA Negeri 1 Kinali Hal ini dapat dilihat dari
rendahnya aktivitas siswa dalam bertanya, mengeluarkan pendapat, menjawab,
berdiskusi, dan menyimpulkan. Guna mengatasi masalah diatas, perlu usaha guru
untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa anatara lain guru hendaknya
menggunakan strategi pembalajaran yang dapat memotivasi siswa untuk aktif
dalam proses pembelajaran. Adapun cara yang dapat membantu peningkatan
aktivitas belajar siswa adalah melalui penerapan strategi learning cycle 5E (LC-
5E).
Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research), penelitian ini terdiri dari dua siklus. Satu siklus
terdiri dua pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang
dikumpulkan berupa aktivitas belajar siswa. Sedangkan alat pengumpulan data
berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik
deskriptif persentase dengan rumus P= (F/N) x100%. Subjek penelitian adalah
siswa kelas X.5 SMA N 1 kinali tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 35
orang.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas belajar siswa. Aktivitas siswa memperhatikan 24%, mendengarkan
selama proses pembelajaran berlangsung 30,4%, membaca 40%, berdiskusi 57,8%
dan menulis 43,4%, bertanya 28,5%, mengeluarkan pendapat 86%, dan
menyimpulkan 30%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan strategi Learning cycle 5E (LC-5E) dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa dalam hal mencatat materi pelajaran, bertanya selama
proses pembelajaran berlangsung, mengeluarkan pendapat, berdiskusi dan
menyimpulkan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (LC-5E), KEAKTIFAN
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 23 Jun 2025 09:37
Last Modified: 23 Jun 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14545

Actions (login required)

View Item
View Item