Isman, Muhardi (2011) Pengaruh Penggunaan Media NetSupport School Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 IV Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MUHARDI_ISMAN_08235_2011.pdf [thumbnail of B1_5_MUHARDI_ISMAN_08235_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MUHARDI_ISMAN_08235_2011.pdf
Download (216kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan terhadap siswa kelas X SMAN 1 IV Koto
Kabupaten Agam terlihat hasil belajar pada pelajaran TIK masih rendah, dari
194 orang siswa sebanyak 82,47 % berada dibawah Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 60. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk membuktikan sejauh mana pengaruh penggunaan media
NetSupport School terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini
adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 IV Koto TP 2010/2011. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara acak pada 6 kelas X1 hingga X6 dan
diperoleh kelas X6 sebagai Eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas Kontrol.
Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan pembelajaran menggunakan
media Netsupport School dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas
yang menggunakan metode konvensional. Sebelum digunakan angket diuji
coba terlebih dahulu, validitas butir soal diuji dengan menggunakan rumus
korelasi Pearson Product Moment. Dari 30 butir soal, perhitungan validitas
memperoleh 17 butir soal valid dan 13 yang tidak valid. Kemudian dilakukan
perhitungan reliabilitas butir soal diuji dengan menggunakan rumus Kuder-
Richardson - 20. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif
sebanyak 30 butir soal yang telah diperbaiki. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan perbandingan farian terbesar dengan farian terkecil
untuk uji homogenitas dan metoda Chi Kuadrat untuk menganalisis
normalitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan software SPSS 15. Dari
hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan media
Netsupport School yaitu 76,74 sementara siswa yang menggunakan metode
konvensional lebih rendah yaitu 66,07. Hasil hipotesis dengan menggunakan
software SPSS didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung (2,236) >
ttabel (2.011). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat
diterima pada taraf kepercayaan sebesar 5%, sehingga dapat disimpulkan
bahwa siswa dikelas X6 yang menggunakan media NetSupport School
memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari pada kelas X1 yang belajar
tanpa menggunakan media NetSupport School
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Ajar, Konvensional dan Eksperimen, NetSupport School |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 09:36 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 09:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14539 |