Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Dynamic True or False Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Dalam Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Elektronika Program Keahlian Teknik Audio Video di SMKN 1 Bukittinggi

Haryadi, Eko (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Dynamic True or False Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Dalam Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Elektronika Program Keahlian Teknik Audio Video di SMKN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_EKO_HARYADI_06163_4418_2014.pdf] Text
B1_5_EKO_HARYADI_06163_4418_2014.pdf

Download (486kB)

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian, terdapat sejumlah siswa yang hasil belajarmasih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan (75)dalam mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Elektronika sebanyak 18 siswa<75 dan sebanyak 14 siswa ≥75. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yangditerapkan masih membuat siswa pasif dalam pembelajaran, keterbatasan sumberbelajar dan masih minimnya penggunaan media sebagai penunjang dalam strategipembelajaran membawa dampak pada kurangnya pemahaman dan hasil belajarsiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa besar pengaruh danperbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran ActiveLearning Tipe Dynamics True or False. Penelitian ini menggunakan pendekataneksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 1Bukittinggi Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukantotal sampling. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan denganmenggunakan Model Pembelajaran Active Learning tipe Dynamic True or Falsedan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan modelpengajaran langsung. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukandengan cara pengundian,sehingga didapatkan untuk kelas eksperimen adalah XTAV2 dan kelas kontrol adalah X TAV1. Data dikumpulkan dari tes hasil belajarberupa soal essay sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secaramanual untuk uji normalitas dengan menggunakan uji chi-kuadrat, ujihomogenitas dengan menggunakan rumus uji barlet, uji hipotesis denganmenggunakan uji-t dan menghitung persentase pengaruh penerapan metodeterhadap kelas eksperimen. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswakelas eksperimen yaitu 79,53 sementara siswa kelas kontrol 60,78. Hasil hipotesisdengan menggunakan rumus uji t di dapati bahwa t hitung (5,613)> t tabel(1.697), sehingga hipotesis kerja (H1) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho).Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada nya peningkatan hasilbelajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran active learning tipedynamic true or false sebesar 30,85%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, ACTIVE LEARNING, HASIL BELAJAR ,
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 09:15
Last Modified: 23 Jun 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14533

Actions (login required)

View Item
View Item