Husna, Hayatul (2021) Hubungan Antara Strategi Pembelajaran Tutor dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_HAYATUL_HUSNA_17005020_3704_2021.pdf [thumbnail of B1_4_HAYATUL_HUSNA_17005020_3704_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_HAYATUL_HUSNA_17005020_3704_2021.pdf
Download (671kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran
IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang,
yang diduga strategi pembelajaran tutor kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah
untuk (1) melihat gambaran strategi pembelajaran tutor mata pelajaran IPS paket
B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang, (2) melihat gambaran hasil belajar
yang diperoleh warga belajar di PKBM Suka Maju sejahtera Kota padang, dan (3)
mengetahui hubungan antara strategi pembelajaran tutor dengan hasil belajar mata
pelajaran IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota
Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 40 warga belajar, diambil
sebanyak 50% dan sampel yaitu 20 warga belajar. Teknik dalam pengambilan
sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data
menggunakan rumus presentase dan menggunakan rumus rank order.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi pembelajaran tutor di
PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang dikategorikan rendah, (2) hasil belajar
mata pelajaran IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Suka Maju
Sejahterah Kota Padang dikategorikan rendah, dan (3) terdapat hubungan yang
signifikan antara strategi pembelajaran tutor dengan hasil belajar mata pelajaran
IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang.
Disarankan kepada tutor agar memperbaiki strategi pembelajaran pada pendidikan
kesetaraan paket B, pengelola program agar memfasilitasi tutor dalam rangka
meningkatkan strategi pembelajaran, dan peneliti berikutnya meneliti variabel lain
yang berhubungan dengan hasil belajar pendidikan kesetaraan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14472 |