Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa di Sekolah (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas XI Elektronika 1 SMKN 5 Padang)

Yanti, Dwi (2016) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa di Sekolah (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas XI Elektronika 1 SMKN 5 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DWI_YANTI_1204876_3992_2016.pdf] Text
B1_5_DWI_YANTI_1204876_3992_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kebiasaan belajar merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap siswa.Namun pada kenyataannya sebagian siswa masih belum memiliki kebiasaan belajar yangseharusnya. Pada kenyataannya masih ditemukan siswa yang tidak membuat tugas disekolah maupun tugas di rumah, hadir terlambat, acuh tak acuh dalam belajar, tidakmembuat catatan, menganggu teman saat belajar, mencontek sewaktu ujian, bosan dalambelajar, sibuk melakukan aktivitas lain di belakang, dan malas menjawab pertanyaan dariguru. Layanan penguasaan konten untuk meningkatkan kebiasaan belajar sudah diberikanoleh guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor sekolah dengan pendekatankonvensional. Namun belum mencapai sasaran sesuai yang diharapkan. Maka dari itupenelitian ini akan meneliti efektivitas layanan penguasaan konten dengan pendekatancooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa di SMKN5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas layanan penguasaan kontendengan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan kebiasaanbelajar siswa di sekolah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasukpenlitian dengan rancangan Quasy-Experiment jenis The Non Equivalent Control Group.Tempat penelitian ini SMKN 5 Padang dengan subjek kelas XI Elektronika 1. Instrumenyang digunakan adalah kuesioner (angket) dengan skala likert. Data hasil penelitiandikumpulkan melalui Pretest dan Posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Ttest dan dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi20.Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yangsignifikan peningkatan kebiasaan belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti layananpenguasaan konten dengan strategi cooperative learning tipe jigsaw pada kelompokeksperimen, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kebiasaan belajarsiswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan penguasaan konten secara konvensionalpada kelompok kontrol, (3) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kebiasaanbelajar siswa pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan temuandi atas, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar siswa dapat ditingkatkan melaluipenguasaan konten dengan strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING, KEBIASAAN BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:18
Last Modified: 23 Jun 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14438

Actions (login required)

View Item
View Item