Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Permainan Gelombang Parasut di PAUD Ainul Husna Kecamatan Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang

Yeni, Efri (2016) Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Permainan Gelombang Parasut di PAUD Ainul Husna Kecamatan Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_EFRIYENI_58869_287_2016.pdf] Text
B1_4_EFRIYENI_58869_287_2016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini rendahnya kemampuan sosial anak usia dini 4-5 tahun di PAUD Ainul Husna. Hal ini disebabkan salah satunya unsur kurang berfariasinya metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan sosial anak dalam bekerjasama, interaksi dan bertanggung jawab.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian murid yang ada di PAUD Ainul Husna dengan 15 anak pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan kemampuan sosial anak dalam bekerjasama, interaksi dan bertanggungjawab. Diharapkan kepada (1) Guru agar menerapkan metode bermain gelombang parasut sebagai salah satu alternatif dalam peningkatan kemampuan sosial anak, (2) Orang tua agar memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kemampuan sosial anak dengan bermain gelombang parasut, dan (3) Peneliti selanjutnya, agar dapat dijadikan sebagai sebuah referensi dalam malakukan penelitian pengembangan ataupun studi kooperatif dalam usaha peningkatan kemampuan sosial anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:15
Last Modified: 24 Jun 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item
View Item