Zulfadli, Doni (2019) Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester 1 Terkait Komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DONI_ZULFADLI_15033056_3569_2019.pdf [thumbnail of B1_5_DONI_ZULFADLI_15033056_3569_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DONI_ZULFADLI_15033056_3569_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Salah satu pendekatan yang cocok dengan pembelajaran Fisika adalahpendekatan kontekstual (CTL). Pembelajaran kontekstual membantu peserta didikmemahami materi yang dipelajari dengan mengkaitkan dengan kehidupan seharihari. Untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yangsesuai dengan tuntutan yang ada maka buku ajar yang digunakan harus mampumemfasilitasi terlaksananya pendekatan kontekstual. Saat ini sudah banyak bukuajar yang beredar dengan bermacam penerbit. Untuk itu perlu dicari tahu apakahbuku ajar yang beredar tersebut sudah mampu memfasilitasi terlaksananyapendekatan kontekstual dalam pembelajaran. Solusi dari masalah ini adalahmelakukan analisis sejauh mana buku ajar memfasilitasi terlaksananya pendekatankontekstual.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif denganpendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh buku ajar FisikaSMA kelas X yang beredar di Sumatera Barat. Pengambilan sampel padapenelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling yang jenisnyaSampling Purposive. Sampel pada penelitian ini adalah empat buku ajar terbanyakyang digunakan di SMA Sumatera Barat berdasarkan hasil survey. Sampel dalampenelitian ini yaitu : 1) Buku yang ditulis Marthen Kanginan yang diterbitkanErlangga pada tahun 2016; 2) Buku yang ditulis Muhammad Farchani Rosyid,dkk yang diterbitkan Tiga Serangkai pada tahun 2016; 3) Buku yang dutulis ArisPrasetyo, dkk yang diterbitkan oleh Mediatama tahun 2016, dan 4) Buku yangditulis oleh Sunardi,dkk. Yang diterbitkan oleh Yrama Widya tahun 2016. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi dokumentasi. Instrumenyang digunakan untuk pengambilan data berupa instrument ceklis yang berisi 7komponen CTL. Instrumen kemudian dijabarkan menjadi 39 indikator. Setiapindikator memuat satu butir istrumen. Data pada penelitian ini dianalisis denganmenggunakan statistik sederhana.Dari hasil penelitian didapatkan buku terbaik dalam memfasilitasiterlaksananya pendekatan CTL adalah buku Mediatama dengan persentaseketerpenuhan indikator CTL sebesar 68,94%, selanjutnya yaitu buku YramaWidya dengan persentase 67,36%, selanjutnya buku Erlangga dengan persentase65,74%. Buku dengan persentase keterpenuhan indikator terendah yaitu bukuTiga Serangkai dengan persentase 62,07%. Berdasarkan hasil analisis buku ajaryang banyak digunakan sudah mampu memfasilitasi terlaksananya pendekatanCTL dalam pembelajaran dengan kategori “memfasilitasi”. Buku ajar cocokdigunakan dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BUKU AJAR FISIKA, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:11 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14396 |