Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci.

Jerinalvia, Dona (2012) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DONA JERINALVIA_86259_2012.pdf] Text
B1_5_DONA JERINALVIA_86259_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran Fisika seharusnya hasil belajar siswa tinggi karenaperistiwa Fisika dekat dengan kehidupan sehari-hari namun hasil belajar fisika diSMP Negeri 4 Kerinci rendah. Salah satu penyebab masalah ini adalah kurangnyamotivasi siswa dalam belajar. Sebagai alternatif pemecahan masalah adalahmenggunakan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia menggunakanpowerpoint dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenyelidiki hasil belajar dan pencapaian KKM siswa serta menyelidiki pengaruhpenggunaan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia menggunakanpowerpoint terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan RandomizedControl Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswapada kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012.Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulandata penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan lembar observasi untukranah afektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata0,05 untuk kedua ranah kompetensi.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil daripenelitian ini. Pertama, nilai rata-rata siswa menggunakan media pembelajaraninteraktif berbasis multimedia menggunakan powerpoint pada ranah kognitif70,20 dan pada ranah afektif 70,64. Kedua, penggunaan media pembelajaraninteraktif berbasis multimedia menggunakan powerpoint memberikan pengaruhyang berarti terhadap hasil belajar Fisika siswa baik pada ranah kognitif dan ranahafektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN INTERAKTIF, MULTIMEDIA, POWERPOINT, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:10
Last Modified: 23 Jun 2025 02:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14393

Actions (login required)

View Item
View Item