Ayu, Dodoken (2012) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA SMP dan FISIKA SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DODOKEN_AYU_17033009_5841_2021.pdf [thumbnail of B1_5_DODOKEN_AYU_17033009_5841_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DODOKEN_AYU_17033009_5841_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian meta analisis pengaruh penggunaan modulterhadap hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibutuhkanmedia yang menarik dalam proses pembelajaran seperti modul. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis effect size pengaruh penggunaan modul berdasarkanjenjang pendidikan, unit materi dan aspek hasil belajar yang meliputi aspek sikap,aspek pengetahuan dan aspek keterampilan.Metode dalam penelitian yang digunakan adalah meta analisis terhadap 20artikel yang sudah dipublikasikan pada berbagai jurnal dan prosiding baik nasionaldan internasional. Artikel yang digunakan telah memenuhi kriteria untuk dilakukanperhitungan effect size dan dikelompokkan berdasarkan tiga indikator yaituberdasarkan jenjang pendidikan, unit materi, dan hasil belajar meliputi aspek sikap,pengetahuan, dan keterampilan.Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa (1) Nilaieffect size pengaruh penggunaan modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa padajenjang pendidikan SMA yaitu 0,728 kriteria sedang dan jenjang pendidikan SMPyaitu 0,622 kriteria sedang. Penggunaan modul terhadap hasil belajar siswaberdasarkan jenjang pendidikan, lebih berpengaruh pada jenjang SMA dibandingkanSMP;(2) Nilai effect size pengaruh penggunaan modul untuk meningkatkan hasilbelajar siswa pada jenjang pendidikan SMA unit materi mekanika yaitu 0,780kriteria tinggi, fluida 0,635 dengan kriteria sedang. Pada jenjang pendidikan SMPunit materi hukum newton 1,195, getaran dan gelombang 0,382 kriteria rendah.Pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa berdasarkan unit materi,lebih berpengaruh mekanika yaitu 0,78 kriteria tinggi pada jenjang SMA, danbepengaruh pada unit materi hukum newton yaitu 1,195 untuk jenjang SMP; (3)Nilai effect size pengaruh penggunaan modul untuk meningkatkan hasil belajarmemberikan pengaruh pada ketiga aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan danketerampilan. Namun jika dibandingkan lebih tinggi pengaruhnya pada aspek sikapyaitu dengan nilai 0,844
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN IPA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14392 |