Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran Inkuiri pada Hukum Newton Gravitasi dan Getaran Harmonik Sederhana untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA.

Yuliana, Diza (2019) Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran Inkuiri pada Hukum Newton Gravitasi dan Getaran Harmonik Sederhana untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DIZA_YULIANA_14033082_3957_2019.pdf] Text
B1_5_DIZA_YULIANA_14033082_3957_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya literasi sains siswa, multimedia yangdigunakan dalam pembelajaran belum memfasilitasi siswa untuk meningkatkanliterasi sains siswa dan pembelajaran yang dilakukan masih cendrung berpusatpada guru. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkanmultimedia fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri. Tujuandilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas danefektivitas dari multimedia fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaraninkuiri dan RPP pada materi hukum newton gravitasi dan getaran harmoniksederhana untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas X SMA.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D).Objek dari penelitian ini adalah multimedia fisika berbasis konstruktivis dan RPPyang diuji cobakan kepada siswa kelas XI SMAN 12 Padang. Instrumenpengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah instrument analisis buku,instrument respon guru terhadap pelaksanaan pembelajaran, instrument responkebutuhan siswa, instrument validitas, instrument praktikalitas dan instrument tesliterasi sains.Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data yang telahdilakukan terdiri atas tiga hasil. Pertama, multimedia fisika berbasis konstruktivisdalam pembelajaran inkuiri dan RPP memiliki kriteria sangat valid dengan nilai82 dan 82,5. Kedua, penggunaan multimedia fisika berbasis konstruktivis dalampembelajaran inkuiri sangat praktis dengan nilai rata-rata responden guru 90 dannilai responden siswa terhadap multimedia dikatan praktis dengan nilai 74,2 sertanilai RPP menurut respon guru dikatakan sangat praktis dengan nilai 93. Ketiga,penggunaan multimedia fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiriefektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswaSMA kelas X.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA FISIKA, PEMBELAJARAN INKUIRI, HUKUM NEWTON GRAVITASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:39
Last Modified: 20 Jun 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

View Item
View Item