Hidayat, Dito Irsyadul (2013) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Problem Based Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA N 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DITO_IRSYADUL_HIDAYAT_12698_6737_2013.pdf [thumbnail of B1_5_DITO_IRSYADUL_HIDAYAT_12698_6737_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DITO_IRSYADUL_HIDAYAT_12698_6737_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Bahan ajar berbentuk LKS di sekolah pada umumnya belum menuntut siswauntuk mengarah ke pemecahan masalah, sehingga berpengaruh terhadappemahaman konsep siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar yang masih rendah.Diperlukan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadapkonsep yang dipelajari melalui cara berfikir kritis dan kreatif. Salah satu alternatifyang dapat diterapkan adalah pembelajaran dengan menggunakan LKSyangmengikuti langkah-langkah strategi Problem Based Learning. Penelitian inibertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan LKS berbasis Problem BasedLearning terhadap pencapaian kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 4Pariaman.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu denganrancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian iniadalah siswa kelas X SMAN 4 Pariaman yang terdaftar pada Tahun Ajaran2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster RandomSampling. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk hasil belajar ranah kognitif,format observasi untuk hasil belajar ranah afektif, dan rubrik penskoran untukhasil belajar ranah psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis denganmenggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan � = 0,05.Dari hasil analisis data menggunakan uji t pada ranah kognitif, afektif danpsikomotor diperoleh thitung masing-masing 1,723, 5,438, 3,549 dan ttabel = 1,668pada � = 0,05 dengan dk = (n1 + n2) – 2. Karena th < t(1-α) maka tolak Ho sehinggaHi diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berbasis problem based learningterhadap pencapaian kompetensi fisika siswa di kelas X SMA N 4 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBARAN KERJA SISWA, PROBLEM BASED LEARNING, KOMPETENSI FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:31 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14382 |