Yendi, Frischa Meivilona (2012) Self-Esteem dan Pelayanan Bimbingan dan Konseling yang Dibutuhkan Siswa Kelas Akselerasi di SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FRISCHA_MEIVILONA_YENDI_04164 _2819_2012.pdf [thumbnail of B1_5_FRISCHA_MEIVILONA_YENDI_04164 _2819_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FRISCHA_MEIVILONA_YENDI_04164 _2819_2012.pdf
Download (365kB)
Abstract
Dalam program akselerasi pendidikan siswa berbakat, pengetahuan
mengenai kebutuhan dan kepentingan unik dari siswa adalah aspek yang penting
dikelola dengan baik demi perkembangannya yang optimal. Salah satu aspek
kepribadian siswa kelas akselerasi yang harus dikembangkan adalah self-esteem.
Harga diri (self-esteem) yang rendah menyebabkan perilaku yang menghindari
bidang akademik, kemudian menghasilkan kebiasaan belajar yang buruk,
keterampilan yang tidak dikuasai, masalah sosial dan disiplin. Kenyataan di
lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas akselerasi merasa tidak bahagia,
penakut, rendah diri, mengalami kebosanan dalam proses pembelajaran dan sulit
mengembangkan bakat dalam bidang non akademik serta mengalami masalah
dalam pemahaman diri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan self-esteem
dan pelayanan BK yang dibutuhkan siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1
Padang. Self-esteem yang diteliti terdiri dari tiga komponen, yaitu general selfesteem,
social self-esteem dan personal self-esteem.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deksriptif,
yaitu menggambarkan pendapat responden apa adanya. Subjek penelitiannya
siswa kelas XI dan XII CI/BI di SMA Negeri 1 Padang yang berjumlah 48 siswa.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah inventori self-esteem dan angket
tentang kebutuhan pelayanan BK. Kemudian data diolah dengan menggunakan
statistik sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan self-esteem siswa kelas akselerasi di SMA
Negeri 1 Padang secara umum berada pada kategori tinggi, yang meliputi: a)
General self-esteem siswa kelas akselerasi berada pada kategori tinggi, b) Social
self-esteem siswa kelas akselerasi pada kategori tinggi, dan c) Personal selfesteem
siswa kelas akselerasi pada kategori sedang. Kebutuhan siswa kelas
akselerasi terhadap pelayanan bimbingan dan konseling sangat tinggi. Dalam hal
ini berarti bahwa siswa kelas akselerasi SMA Negeri 1 Padang sangat
membutuhkan pelayanan BK. Pelayanan BK yang dibutuhkan siswa adalah
layanan orientasi, informasi, penguasaan konten, penempatan dan penyaluran,
konseling individual, bimbingan kelompok, konseling kelompok, mediasi serta
konsultasi. Dari hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak sekolah
menyusun program BK untuk mengembangkan self-esteem siswa dengan
menggunakan berbagai bidang BK dan jenis-jenis layanan BK, sehingga guru BK
dapat membantu meningkatkan self-esteem siswa dan mengatasi permasalahan
yang menyebabkan self-esteem siswa menjadi rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SELF-ESTEEM DAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:30 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 08:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14328 |