Resti, Frestika Diana (2016) Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Guru dan Hubungannya dengan Konsep Diri Akademik Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FRESTIKA_DIANA_RESTI_1105524_636_2016.pdf [thumbnail of B1_5_FRESTIKA_DIANA_RESTI_1105524_636_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FRESTIKA_DIANA_RESTI_1105524_636_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Konsep diri akademik memiliki peranan yang penting, karena konsep diri akademik merupakan pandangan serta pemikiran siswa terkait dengan bidang akademiknya. Apabila siswa memiliki konsep diri akademik yang tinggi, maka akan terlihat dari rasa percaya diri yang tinggi, aktif di dalam kelas serta bekerja keras dalam menyelesaikan tugas-tugas belajar. Ketika guru dapat memahami dan menyeimbangkan perannya sebagai pendidik melalui cara mengajar yang baik di dalam kelas, maka akan dapat mewujudkan persepsi siswa yang baik oleh siswa. Namun, kenyataan yang ditemukan masih adanya siswa yang memiliki konsep diri akademik dengan kategori rendah dilihat dari hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskiripsikan: (1) persepsi siswa tentang pembelajaran guru, (2) konsep diri akademik siswa, dan (3) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang pembelajaran guru dan konsep diri akademik siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional yang mendeskripsikan persepsi siswa tentang pembelajaran guru dan konsep diri akademik siswa serta hubungan persepsi siswa tentang pembelajaran guru dengan konsep diri akademik siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas XI dan XII SMAN 1 Kota Solok yang berjumlah 558 orang dan sampel sebanyak 233 siswa yang dipilih dengan Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner. Data yang dikumpulkan di analisis menggunakan statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan progranm SPSS for windows 20.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang pembelajaran guru secara keseluruhan berada pada kategori baik dengan rata-rata presentase 76,8%; (2) konsep diri akademik siswa secara keseluruhan berada pada kategori tingggi dengan rata-rata presentase 73,7%; (3) dan terdapatnya hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang pembelajaran guru dengan konsep diri akademik siswa dengan koefisien korelasi 0,304 dan taraf signifikansi 0,000. Artinya, jika persepsi siswa tentang pembelajaran guru baik maka konsep diri akademik siswa cenderung tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN GURU |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:24 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14306 |