Fitriri, Fitriri (2013) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Belajar: Studi terhadap Siswa SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FITRIRI_04250_4162_2015.pdf [thumbnail of B1_5_FITRIRI_04250_4162_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FITRIRI_04250_4162_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kepercayaan diri merupakan kesadaran individu akan kekuatan dan kemampuan yang dimilikinya, meyakini adanya rasa percaya dalam diri, merasa puas terhadap diri dan dapat bertindak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki serta mampu mengaplikasikannya dalam belajar. Kenyataannya beberapa siswa mengalami masalah berkaitan dengan kepercayaan diri dalam belajar seperti tidak berani mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, tidak sanggup mengemukakan pendapat tidak punya keberanian untuk tampil di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan kegiatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar di SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-experiment dengan jenis the one group pretest-posttest design, dengan subjek penelitian berjumlah 10 orang, teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data diolah menggunakan rumus wilcoxon signed rank test dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 15.0, dan microsoft excel 2007.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: 1) kepercayaan diri siswa dalam belajar sebelum mengikuti kegiatan bimbingan kelompok berada pada kategori rata-rata, 2) kepercayaan diri siswa setelah mengikuti bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi, 3) terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa dalam belajar sebelum dan setelah mengikuti layanaan bimbingan kelompok, hasil pre-test dan post-test diperoleh nilai Z-skor sebesar -2,934 dengan taraf signifikan 0,003 Hal ini berarti terdapat peningkatan kepercayaan diri yang signifikan sebelum dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Peningkatan ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru pembimbing dapat mengembangkan layanan bimbingan kelompok dengan materi – materi yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar, kepala sekolah agar selalu memberikan dukungan terhadap semua kegiatan pelayanan konseling yang dilaksanakan guru BK, serta ikut berperan aktif dalam mengembangkan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Bagi siswa agar dapat mengikuti layanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan kelompok dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:50 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14298 |