Aprinalti, Aprinalti (2011) Kesesuaian Materi yang Diajarkan di Sekolah dengan Pengalaman Lapangan Industri Siswa SMK N 1 Padang Tahun Ajaran 2009 / 2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_APRINALTI-94127-2011.pdf.pdf [thumbnail of B1_APRINALTI-94127-2011.pdf.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_APRINALTI-94127-2011.pdf.pdf
Download (1MB)
Abstract
Prakerin merupakan program SMK yang berperan penting dalam
menghasilkan tamatan yang berkualitas dan menguasai kompetensi dasar di
bidangnya. Adapun tugas utama siswa selama Prakerin adalah menguasai keahlian
profesional dengan jalan melakukan kegiatan kerja/praktik langsung. Penelitian
ini bersifat deskriptif dan merupakan penelitian yang berupaya untuk
mengungkapkan tentang kesesuaian materi yang diajarkan sekolah dengan
pengalaman lapangan industri siswa SMK N I Padang. Dalam penelitian ini
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Berdasarkan hasil
analisis data dan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan:
Untuk materi yang diterapkan di SMK N I Padang sebelum pelaksanaan Prakerin
masih belum tercapai, dimana pencapaian rata-ratanya 53,3%. Sedangkan
ketercapaian di lapangan industri juga masih belum tercapai, dimana pencapaian
rata-ratanya adalah 63,6%. Untuk materi Prakerin yang diberikan dengan materi
yang diajarkan di sekolah sudah terdapat kesesuaian, hal ini terlihat dari
peningkatan persentase terhadap pencapaian pemahaman yang diperoleh siswa di
waktu Prakerin dengan sebelum Prakerin dari 53,3% menjadi 63,6%. %. Hal ini
berarti bahwa sumbangan lapangan industri terhadap pengetahuan dan
keterampilan siswa selama Prakerin adalah 10,3%. Selain itu berdasarkan hasil
wawancara dengan beberapa Dunia Usaha/Dunia Industri tempat siswa Prakerin,
bahwa selama Prakerin siswa lebih banyak diberikan tugas dan pemahaman
terkait dengan apa yang telah dipelajari. Disamping itu nilai tambah yang
diperoleh siswa selama Prakerin adalah adanya ilmu baru yang diperoleh siswa
seperti pengetahuan siswa tentang ilmu lapangan, dimana siswa tidak hanya
diajarkan tentang bagaimana membuat gambar yang baik, tetapi mengetahui
tentang aspek-aspek yang akan digambar mulai dengan pengetahuan terhadap
bahan dan teknik pengerjaannya di lapangan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PRAKTEK KERJA LAPANGAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 01:53 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 09:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1427 |