Oktantia, Dilla (2014) Pembuatan Lembar Kerja Siswa Berbasis ICT dengan Mengintegrasikan MSTBK Materi Getaran, Energi dan Momentum untuk Mencapai Kompetensi Siswa SMA Kelas XI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DILLA_OKTANTIA_16032_1869_2014.pdf [thumbnail of B1_5_DILLA_OKTANTIA_16032_1869_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DILLA_OKTANTIA_16032_1869_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Globalisasi memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas danmampu memberikan sumbangan terhadap pembangunan bangsa. SDM yangberkualitas dapat diwujudkan melalui pendidikan berkualitas dan pengadaanbahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang mengintegrasikan nilaikarakter mulia, keterampilan yang relevan, dan pengetahuan-pengetahuan yangterkait. Namun LKS yang mengintegrasikan nilai karakter mulia, keterampilanyang relevan, dan pengetahuan-pengetahuan yang terkait belum ada. Salah satusolusinya adalah membuat LKS berbasis ICT dengan mengintegrasikanMatematika Sains, Teknologi, Bencana alam dan Karakter mulia (MSTBK).Untuk itu, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKSberbasis ICT dengan mengintegrasikan MSTBK yang valid, praktis, dan efektif.Penelitian ini termasuk kepada jenis Research and Development. Desainpenelitian yang digunakan adalah desain keadaan sebelum dan sesudah. Objekpenelitian yaitu LKS berbasis ICT dengan mengintegrasikan MSTBK. Instrumenpengumpul data yang digunakan adalah: lembar validasi, lembar uji kepraktisan,lembar tes hasil belajar, dan lembar observasi nilai karakter siswa. Teknik analisisproduk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik,analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasilpenelitian. Pertama, LKS memiliki validitas tinggi dengan nilai validitas menuruttenaga ahli dan guru masing-masing adalah 81,05 dan 78,05. Desain LKS untukkelas XI semester 1 memiliki menu home, pendahuluan, LKS, evaluasi,download, chat dan forum diskusi yang dilengkapi dengan gambar, video dananimasi. Kedua, nilai kepraktisan LKS berbasis ICT menurut siswa adalah 83,42dan LKS berbasis ICT terbukti efektif meningkatkan hasil belajar danmenumbuhkan karakter mulia siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KERJA, GETARAN, ENERGI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:47 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14268 |