Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kumon Di Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 3 Padang

Silvia, Rini (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kumon Di Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_RINI_SILVIA_84756_2011.pdf] Text
B1_4_RINI_SILVIA_84756_2011.pdf

Download (337kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran kumon dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 3 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 3 Padang yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang digunakan
untuk melihat perubahan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian dari dua siklus menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan sejak siklus I dan
peningkatan ini berlanjut pada siklus II. Berdasarkan hasil perbandingan kedua siklus dapat diketahui bahwa siswa yang memperhatikan penjelasan guru meningkat dari
77,31% menjadi 94,02%. Mengerjakan latihan meningkat dari 79,90% menjadi
93,88%. Mengerjakan latihan dengan benar meningkat dari 61,55% menjadi 88,94%. Mengerjakan latihan dengan tidak mencontek dari 52,10% meningkat menjadi 79,89%. Mengerjakan latihan tepat waktu dari 64,71% meningkat menjadi 91,91%.
Sedangkan untuk hasil belajar mengalami peningkatan dari rata-rata 73,56 dengan tingkat ketuntasan siswa 63,89% mengalami peningkatan dengan rata-rata 85,70 dan
tingkat ketuntasannya 86,11%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran kumon dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 3 Padang. Penggunaan metode pembelajaran yang
tepat merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar. Untuk itu, penulis menyarankan kepada guru akuntansi untuk menggunakan model pembelajaran kumon ini dalam proses pembelajaran agar aktivitas siswa relevan
dengan pembelajaran serta hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:34
Last Modified: 19 Jun 2025 02:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item
View Item