Anggara, Dil (2015) Hubungan Perhatian Orangtua dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DIL_ANGGARA_15646717_2015.pdf [thumbnail of B1_5_DIL_ANGGARA_15646717_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DIL_ANGGARA_15646717_2015.pdf
Download (190kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi melalui sebua studi pendahuluan tentangperhatian orangtua dan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tujuanpenelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perhatian orangtua (2) mendeskripsikanminat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi (3) menguji hubunganperhatian orangtua dengan minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatandeskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas 3 SMA Negeri 1Kecamatan Payakumbuh, dengan jumlah sampel 71 orang yang dipilihmenggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitukuesioner. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.Temuan penelitian adalah (1) perhatian orangtua secara keseluruhan beradapada kategori sedang, (2) minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggisecara keseluruhan berada pada kategori sedang, (3) Terdapat hubungan yangpositif dan signifikan antara perhatian orangtua dengan minat melanjutkan studike Perguruan Tinggi pada taraf signifikansi 0,01 atau tingkat kepercayaan 99%.Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada orangtua agar dapatmeningkatkan lagi perhatiannya terhadap kegiatan belajar anak, sehingga akanmenumbuhkan minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ORANGTUA, MINAT SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 09:58 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 09:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14234 |