Sriayu, Dika (2014) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang dalam Pembelajaran Kooperatif. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DIKA_SRIAYU_96892_965_2014.pdf [thumbnail of B1_5_DIKA_SRIAYU_96892_965_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DIKA_SRIAYU_96892_965_2014.pdf
Download (568kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa pencapaian kompetensi belajar fisika siswa SMPN12 Padang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan siswa kurangaktif dalam menyelesaikan permasalahan pada pembelajaran fisika. Tujuan peneliltian iniadalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis pendekatan keterampilanproses sains terhadap kompetensi fisika siswa SMPN 12 Padang kelas VIII dalampembelajaran kooperatif.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan randomized control grouponly design, dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 12 Padang yang terdaftar pada tahunajaran 2013/2014. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster randomsampling. Sampel adalah kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagaikelas kontrol. Data penelitian adalah hasil belajar pada ranah kognitif, afektif danpsikomotor. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan rubrikpenskoran.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif adalah81,79 untuk kelas eksperimen dan 73,05 untuk kelas kontrol. Pada ranah afektif adalah 77,61untuk kelas eksperimen dan 74,83 untuk kelas kontrol. Selanjutnya pada ranah psikomotordiperoleh 82,2 untuk kelas eksperimen dan 78,5 untuk kelas kontrol. Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata melalui uji t. Kesimpulanpenelitian adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKSberbasis pendekatan keterampilan proses sains terhadap kompetensi IPA fisika siswa kelasVIII SMPN 12 Padang dalam pembelajaran kooperatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05.Dengan demikian, penggunaa LKS berbasis pendekatan keterampilan proses ini dapatmeningkatkan kompetensi siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN KETERAMPILAN, KOMPETENSI IPA, PEMBELAJARAN KOOPERATIF |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:56 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14220 |