Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kemandirian Siswa dalam Belajar di SMA Adabiah Padang.

Saputra, Didi (2012) Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kemandirian Siswa dalam Belajar di SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DIDI_SAPUTRA_88117_2279_2012.pdf] Text
B1_5_DIDI_SAPUTRA_88117_2279_2012.pdf

Download (413kB)

Abstract

Untuk meraih kesuksesan dalam hidupnya, manusia memerlukan kamampuanmelakukan kegiatan secara mandiri dengan tuntutan dari diri sendiri maupunlingkungannya. Bagi siswa di SMA, untuk meraih kesuksesan dalam belajardiperlukan kemandirian dalam belajar. Tentunya hal ini tidak selamanya berjalandengan lancar, sering terjadi siswa gagal karena kemampuan kemandiriannya belummemadai. Kemandirian belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalahkonsep diri. Siswa yang mempunyai konsep diri yang baik akan mempunyaikemandirian belajar yang baik pula.Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional yangbertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan kemandirian siswadalam belajar di SMA Adabiah Padang. Subjek penelitian berjumlah 92 orang siswa,yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional randomsampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala konsep diri yang berjumlah 32butir pernyataan dan skala kemandirian belajar yang berjumlah 30 pernyataan.Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Product Moment dariPearson yang diolah menggunakan SPSS 15.0 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yangsignifikan antara konsep diri dan kemandirian belajar yaitu rxy = 0,584 dengan p =0,005 (p<0,05), artinya semakin tinggi konsep diri maka semakin baik kemandiriansiswa dalam belajar di SMA Adabiah Padang. Dengan demikian hipotesis yangdikemukakan sebelumnya diterima.Berdasarkan hasil penelitian, semakin baik konsep diri maka semakin tinggipula kemandirian siswa dalam belajar. Untuk dapat menunjang kemandirian siswadalam belajar dukungan dari semua pihak sangat diharapkan. Selanjutnya disarankankepada peneliti lain untuk melanjutkan penelitian ini dengan meneliti faktor lainyang mempengaruhi pencapaian kemandirian siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:55
Last Modified: 18 Jun 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item
View Item