Asyhari, Diani (2013) Pengaruh Penggunaan LKS dalam Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Pencapaian Kompetensi Pada Materi Fluida Siswa Kelas XI SMA N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DIANI_ASYHARI_12697_5119_2013.pdf [thumbnail of B1_5_DIANI_ASYHARI_12697_5119_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DIANI_ASYHARI_12697_5119_2013.pdf
Download (280kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa,disebabkan LKS yang digunakan sebagai bahan ajar masih belum maksimal,karena pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga kurangnyaaktivitas belajar dan interaksi selama pembelajaran berlangsung. Salah satu upayayang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan LKS dalam pembelajaran PBI.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS dalampembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap pencapaian kompetensipada materi fluida siswa kelas XI SMA N 2 Pariaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimental Research denganmodel rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian iniadalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman. Pengambilan sampeldilakukan secara Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA3sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Data penelitianmeliputi hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Teknikpengumpulan data ranah kognitif dalam bentuk tes hasil belajar dengan reliabilitas0,73, ranah afektif dalam bentuk format penilaian, dan ranah psikomotor dalambentuk rubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ujikesamaan dua rata-rata.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan rata-rata hasilbelajar fisika siswa ranah kognitif pada kelas eksperimen 84,89 pada kelas kontrol78,96, ranah afektif pada kelas eksperimen adalah 79,87 pada kelas kontrol 70,39,pada ranah psikomotor kelas eksperimen 82 dan kelas kontrol 76,2. Dengan ujikesamaan dua rata-rata, uji t pada ranah kognitif dan psikomotor dan uji t’ padaranah afektif diperoleh th berada di luar daerah penerimaan H0, dapat disimpulkanbahwa hipotesis kerja yang berbunyi “terdapat pengaruh yang berarti penggunaanLKS dalam pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap pencapaiankompetensi pada materi fluida siswa kelas XI SMA N 2 Pariaman”, dapatditerima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN, PROBLEM BASED INSTRUCTION, FLUIDA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:55 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14213 |