Enggia, Debi (2015) Pembuatan CD Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X dengan Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_DEBI_ENGGIA_02318_1329_2015.pdf [thumbnail of B1_2_DEBI_ENGGIA_02318_1329_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_DEBI_ENGGIA_02318_1329_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Dalam pembelajaran sejarah guru cendrung masih sering menggunakan
metode diskusi dan ceramah pada setiap pertemuannya. Selain itu, media yang
digunakan itu-itu saja seperti peta dan foto-foto sejarah. Hal ini menjadi faktor
penyebab rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar. Salah satu cara yang
dapat dilakukan untuk masalah tersebut adalah dengan memvariasikan media yang
sesuai. Media berbasis komputer dapat mengakomodasikan siswa yang lemah dan
lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau
verbal. Sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran yang bersifat fakta,
konsep maupun prinsip yang diberikan kepada siswa. Penyajian dalam media
sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu menggunakan pendekatan saintifik. Karena
itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis
komputer pada materi islamisasi dan silang budaya di nusantara pada kelas X
SMA, serta mengevaluasi validitas dan kepratisan media.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian Research and Development(R&D).
Penelitian pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan dengan
menggunakan 4-D model yaitu define (perencanaan), design (perancangan),
develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran), namun tahap disseminate
tidak dilakukan. Media ini divalidasi oleh 2 orang dosen Jurusan Sejarah UNP
dan 2 orang Guru Sejarah SMAN 1 Payakumbuh, sedangkan uji kepraktisan
dilakukan oleh 40 orang mahasiswa Sejarah UNP dan 30 oarang siswa SMAN 1
Payakumbuh. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil validasi
media pembelajaran, dan kepraktisan media pembelajaran yang dihasilkan. Data
yang diambil menggunakan skala likert dan data ini dianalisis dengan analisis
deskriptif.
Berdasarkan penilaian validator media dinyatakan sangat valid, sedangkan
dari angket siswa dan mahasiswa media dinyatakan sangat praktis. Selain itu juga
dianalisis tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang terdapat pada media
yang menyatakan bahwa siswa dapat memahami konsep islamisasi dan silang budaya di nusantara dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembuatan CD Pembelajaran |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 05:17 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 05:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14203 |