Pengembangan LKS Fisika Berbentuk Komik Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA.

Fadhillah, Dian (2015) Pengembangan LKS Fisika Berbentuk Komik Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DIAN_FADHILLAH_12713_3155_2016.pdf] Text
B1_5_DIAN_FADHILLAH_12713_3155_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

LKS merupakan sumber belajar yang penting untuk pembelajaran fisika.Kenyataan yang ditemukan berdasarkan observasi di SMAN 2 Sijunjung adalahLKS yang digunakan masih belum bervariasi, LKS menjadi tidak menarik danmodel pembelajaran yang digunakan belum mampu membawa siswa untukberpikir kreatif. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah denganmengembangkan LKS fisika berbentuk komik berbasis inkuiri pada pembelajaranfisika. Penggunaan LKS fisika berbentuk komik berbasis inkuiri diperkirakandapat membuat pembelajaran fisika menjadi lebih menarik. Penelitian inibertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis dan efektif digunakandalam pembelajaran fisika di SMA.Jenis penelitian ini adalah jenis Research and Development (R&D).Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen Sebelum-Sesudahuntuk satu objek penelitian. Sebagai objek penelitian adalah LKS Fisikaberbentuk komik berbasis inkuiri. Prosedur penelitian meliputi mengenal potensidan masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan desain produk,melakukan validasi desain, merevisi desain, dan melakukan uji coba produk.Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari:lembar validasi tenaga ahli, angket kepraktisan guru, angket kepraktisan siswa,dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian adalah interpretasi datayang ditampilkan dalam grafik dan analisis secara deskriptif pada uji validitas, ujikepraktisan, dan uji perbandingan berkorelasi pada uji efektivitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran fisika padamateri kalor dan listrik sangat valid dengan nilai rata-rata dari tenaga ahli 81,87.Penggunaan LKS fisika berbentuk komik berbasis inkuiri adalah praktis yangditandai dengan nilai rata-rata kepraktisan guru yaitu 77,86 dan nilai rata-ratakepraktisan siswa yaitu 84,70. Penggunaan LKS fisika berbentuk komik berbasisinkuiri dalam implementasi pembelajaran menurut KTSP efektif yang ditandaidengan peningkatan hasil belajar fisika siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INKUIRI, PEMBELAJARAN FISIKA, LKS FISIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 05:17
Last Modified: 18 Jun 2025 05:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item
View Item