Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Learning Cycle 5E dalam Pembelajaran Fisika terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMAN 3 Batusangkar.

Sulastri, Dewi (2013) Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Learning Cycle 5E dalam Pembelajaran Fisika terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMAN 3 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DEWI_SULASTRI_12746_3134_2013.pdf] Text
B1_5_DEWI_SULASTRI_12746_3134_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif disebabkan olehbanyaknya siswa yang hanya terpaku dan tidak ikut serta dalam pembelajaran,sehingga kemampuan pola pikir anak menjadi kurang tergali. Salah satupenyebabnya yaitu pembelajaran yang masih didominasi guru sebagai sumberinformasi, sehingga menyebabkan siswa tidak aktif dalam pembelajaran.Penerapan LKS berbasis learning cycle 5E memberikan kesempatan pada siswauntuk dapat berinteraksi, terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan berpikiruntuk menyeleseikan permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untukmenyelidiki Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Learning Cycle 5E DalamPembelajaran Fisika Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMAN 3Batusangkar.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (QuasiExperiment Research) dengan rancangan Randomized Control Group OnlyDesign. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA N 3 Batusangkaryang terdaftar pada Tahun Ajaran 2012/2013 terdiri dari 3 kelas. Pengambilansampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sebagai sampelterpilih kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol.Data penelitian meliputi pencapaian kompetensi dari tiga ranah yaitu kognitif,afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, formatobservasi ranah afektif dan lembaran penilaian psikomotor. Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05untuk ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data penilaianpencapaian kompetensi siswa pada tiga ranah. Pertama, pada ranah kognitifdiperoleh rata-rata kelas eksperimen 88,5 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 77,1,dengan nilai uji statistik t, didapat thitung = 4,63 dan ttabel = 1,68. Begitu jugadengan hasil belajar ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 72lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 68,4 , sedangkan nilai thitung = 2,06 danttabel = 1,68. Pada ranah afektif, terlihat nilai rata-rata afektif siswa, didapatkanrata-rata kelas eksperimen 78,16 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 72,17.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan LKSBerbasis learning cycle 5E dalam pembelajaran fisika terhadap pencapaiankompetensi siswa kelas X SMAN 3 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN FISIKA, LEARNING CYCLE 5E
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:00
Last Modified: 18 Jun 2025 03:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item
View Item