Septaria, Dewi (2016) Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mengintegrasikan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DEWI_SRIANI_1204805_3262_2016.pdf [thumbnail of B1_5_DEWI_SRIANI_1204805_3262_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DEWI_SRIANI_1204805_3262_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA belum tercapai denganbaik, disebabkan karena peserta didik kurang memahami dan kurang aktif dalamproses pembelajaran, kurang dapat menyelesaikan masalah yang diberikan denganbaik. Belum tercapainya hasil belajar peserta didik yang baik disebabkan olehmodel pembelajaran dan bahan ajar yang dipakai kurang bervariasi. Penelitian inibertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan LKPD mengintegrasikanmodel pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap hasilbelajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 12 Padang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semudengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitianadalah semua peserta didik kelas VIII SMPN 12 Padang yang terdaftar padatahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikpurposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebagai kelaseksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi tigaaspek yaitu aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Instrumen penelitianberupa tes hasil belajar untuk aspek pengetahuan, lembar observasi untuk aspeksikap dan lembar penilaian kinerja untuk aspek keterampilan.Analisis data hasil belajar pada ketiga aspek untuk kelas eksperimen lebihtinggi daripada kelas kontrol. Diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelaseksperimen aspek pengetahuan 81, sikap 79 dan keterampilan 79. Rata-rata hasilbelajar pada kelas kontrol pada aspek pengetahuan 76, sikap 77 dan keterampilan74. Analisis uji kesamaan dua rata-rata yang dilakukan pada ketiga aspek denganth>tt didapatkan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Diperoleh thpada aspek pengetahuan 1.88, sikap 1.68 dan keterampilan 1.99 dengan tt = 1.67.Dapat disimpulkan dari kedua kelas ini terdapat perbedaan hasil belajar pada kelaseksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, perbedaan ini diyakini berartiterdapat pengaruh penerapan LKPD mengintegrasikan model pembelajaranproblem posing tipe pre-solution posing terhadap hasil belajar peserta didik kelasVIII SMPN 12 Padang yang signifikan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KERJA, PESERTA DIDIK, MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:44 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14161 |