Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Disiplin Peserta Didik di Taman Pendidikan Al-Quran Baitul Hasanah

Anggraini, Eby (2014) Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Disiplin Peserta Didik di Taman Pendidikan Al-Quran Baitul Hasanah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_EBY_ANGGRAINI_96026_176_2015.pdf] Text
B1_4_EBY_ANGGRAINI_96026_176_2015.pdf

Download (955kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin peserta didik di Taman
Pendidikan Al-Quran Baitul Hasanah. Hal ini diduga kurang baik keharmonisan
keluarga, Sehubung dengan hal itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana
gambaran keharmonisan keluarga, bagaimana gambaran disiplin peserta didik di
Taman Pendidikan Al-Quran Baitul Hasanah, serta melihat hubungan persepsi tehadap
keharmonisan keluarga dengan disiplin peserta didik di Taman Pendidikan Al-Quran
Baitul Hasanah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Hasanah
berjumlah 39 orang. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling sehingga
sampelnya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara dengan analisis data perhitungan persentase untuk melihat gambaran
persepsi terhadap keharmonisan keluarga dan disiplin peserta didik di Taman
Pendidikan Al-Quran Baitul Hasanah dan menggunakan rumus Rank order correlation
untuk melihat hubungan keduanya.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) keharmonisan keluarga dilihat dari
menciptakan kehidupan beragama, mempunyai waktu bersama keluarga, komunikasi
antar anggota keluarga, saling menghargai antar sesama anggota keluarga, kuantitas
dan kualitas konflik yang minim dan hubungan atau ikatan yang erat antar anggota
keluarga kurang baik, (2) displin peserta didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul
Hasanah dilihat dari ketepatan waktu, ketaatan dan tanggung jawab rendah, (3)
terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap keharmonisan keluarga
dengan disiplin peserta didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Hasanah. Hal ini
berdasarkan pada hasil analisis data yang menghasilkan rhitung>rtabel

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 18 Jun 2025 01:05
Last Modified: 18 Jun 2025 01:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item
View Item