Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Bimbingan Guru Pamong dan Motivasi Mengajar Mahasiswa terhadap Nilai PLK Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Yeni, Maida Fitri (2013) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Bimbingan Guru Pamong dan Motivasi Mengajar Mahasiswa terhadap Nilai PLK Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MAIDA_FITRI_YENI_05634_2182_2013.pdf] Text
B1_5_MAIDA_FITRI_YENI_05634_2182_2013.pdf

Download (726kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Mahasiswa
Atas Bimbingan Guru Pamong dan Motivasi Mengajar Mahasiswa Terhadap Nilai
PLK Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PLK Program Studi
Pendidikan Ekonomi periode Januari - Juni 2012. Teknik penarikan sampel
menggunakan total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, yang
disebarkan kepada sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
analisis induktif. Analisis induktif terdiri dari uji normalitas sebaran data, uji
homogenitas varians, uji multikolinieritas, analisis regresi linier berganda dan uji
hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh yang
signifikan antara bimbingan guru pamong terhadap nilai PLK mahasiswa PLK
Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP, terlihat dari sig. 0,136 > α = 0,05
dengan tingkat pengaruh sebesar 0,329 (2) tidak terdapat pengaruh yang
signifikan antara motivasi mengajar mahasiswa PLK terhadap nilai PLK
mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Padang terlihat dari sig. 0,832 > 0,05 dengan tingkat pengaruh
sebesar 0,288 (3) dan antara bimbingan guru pamong dan motivasi mengajar
mahasiswa PLK secara bersama-sama tidak mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap nilai PLK mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Ekonomi Universitasn Negeri Padang Tahun Masuk 2008, terlihat dari sig. 0,307
< α = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan
guru pamong dan motivasi mengajar mahasiswa PLK tidak mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap nilai PLK mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan
Ekonomi FE UNP TM 2008. Hal ini berarti bahwa bimbingan guru pamong
dalam masa PLK dan motivasi mengajar mahasiswa PLK tidak mempunyai
pengaruh yang berarti terhadap nilai PLK. Nilai PLK yang diperoleh mahasiswa
PLK ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti, misalnya kedekatan dengan
guru pamong, kehadiran di kelas selama PLK dan lainnya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Jun 2025 05:53
Last Modified: 18 Jun 2025 01:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item
View Item