Kontribusi Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Bukittinggi

Lolita, Jesika (2013) Kontribusi Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_JESIKA_LOLITA_06177_5712_2013.pdf] Text
B1_05_JESIKA_LOLITA_06177_5712_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Bukittinggi, dimana 32.20% siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi Komunikasi Interpersonal dalam
Keluarga dan Minat Belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 59 orang dan sampel berjumlah 37 orang siswa kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata
pelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan SMKN 1 Bukittinggi. Data Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dan Minat Belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Komunikasi Interpersonal dalam
Keluarga memberikan kontribusi sebesar 41,43%. terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2012/2013; (2) Minat Belajar memberikan
kontribusi sebesar 28,82%. terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2012/2013; (3) Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dan Minat Belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 41,51%
terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2012/2013. Jadi dapat disimpulkan bahwa kontribusi Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dan Minat Belajar berkontribusi terhadap hasil belajar , semakin tinggi
Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dan semakin tinggi tingkat Minat Belajar, maka hasil belajar akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:12
Last Modified: 17 Jun 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14093

Actions (login required)

View Item
View Item