Herdianto, Heru (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis e-Book dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Guna Melatih Kemampuan Berpikir Kronologis Peserta Didik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_HERU_HERDIYANTO_17046108_658_2021.pdf [thumbnail of B1_2_HERU_HERDIYANTO_17046108_658_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_HERU_HERDIYANTO_17046108_658_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pada pembelajaran sejarah, peserta didik dituntut untuk mampu berpikir
kronologis dalam peristiwa sejarah yang di dalamnya memuat pentingnya unsur
waktu yang merupakan salah satu lingkup yang penting dalam memahami
peristiwa sejarah secara kronologis. Berdasarkan temuan observasi dan
wawancara pada bulan September hingga Novemver 2020 di SMAN 7 Bengkulu
Utara, peserta didik kurang mampu berpikir secara kronologis dan kurang
tertariknya peserta didik dengan pembelajaran yang berbasis konvensional
padahal sekolah tersebut mengarahkan pembelajaran berbasis teknologi dengan
saran dan prasarana yang telah disediakan sekolah. Salah satu cara yang dapat
dilakukan adalah dengan memberi inovasi dalam pembelajaran sejarah agar lebih
menarik dan berbasis teknologi yaitu menggunakan bahan ajar berbasis e
bookguna melatih kemampuan berpikir kronologis peserta didik. Tujuan dari
penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan
ajar e-book pembelajaran sejarah Indonesia guna melatih berpikir kronologis
peserta didik; (2) Untuk menguji kelayakan bahan ajar e-book mata pelajaran
sejarah guna melatih berpikir kronologis peserta didik. Peneliti menggunakan
metode penelitian pengembangan atau R&D. Model pengembangan dalam
penelitian ini adalah model ADDIE. Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan
sampai tahapan development.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam mengembangkan
bahan ajar e-book guna melatih kemampuan berpikir kronologis Penelitian dan
pengembangan (R&D) ini telah menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar e
book untuk pembelajaran sejarahIndonesia.Tahapan dilakukan adalah analisis,
menganalisis pemasalahan yang ada di sekolah tersebut dan dicarikan solusi dari
masalah tersebut. Selanjutnya dilakukan tahap rancangan atau desain dengan
membuat bahan ajare-book dengan mengunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker
Pro dan merancang bahan ajar e-book dari mulai proses pembuatan sampai hasil
produk tersebut. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar e-bookoleh ahli materi
mendapatkan nilai: 1) Materi Melatih Kemampuan Berpikir Kronologis diberi
nilai rata-rata 4,00 (sangat layak); 2) Kebahasaan diberi nilai rata-rata 3,83 (sangat
layak); 3) Latihan diberi nilai rata-rata 3,40 (sangat layak); 4) Kesahian Materi
diberi nilai rata-rata 3,87 (sangat layak). Hasil analisis juga di peroleh dari
validasi ahli bahan ajar yakni: 1) Kesesuaian Kurikulum dengan nilai rata-rata
3,50 kriteria sangat layak; 2) Kesesuaian Dengan Teori Konstruktivistik dengan
nilai rata-rata 4,00 kriteria sangat layak; 3) Fungsi Bahan Ajar dengan nilai rata
rata 3,75 kriteria sangat layak; 4) Manfaat Bahan Ajar dengan nilai rata-rata 4,00
kriteria sangat layak; 5) Komponen Bahan Ajar dengan nilai rata-rata 3,85 kriteria
sangat layak. Berdasarkan hasill penelitian maka dapat disimpulkan bahwa bahan
ajar e-book sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:12 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14088 |