Ariffah, Husnul (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut di SMK Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_HUSNUL_ARIFFAH_18078009_5060_2022.pdf [thumbnail of B1_2_HUSNUL_ARIFFAH_18078009_5060_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_HUSNUL_ARIFFAH_18078009_5060_2022.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena siswa masih kesulitan memahai materi pada
mata pelajaran pemangkasan dan pewarnaan rabut dan video yang disediakan
oleh sekolah belum bervariasi dengan tampilan yang belum mampu menarik
perhatian dan motivasi siswa pada mata pelajaran pemangkasan dan pewarnaan
rambut, selanjutnya bahan ajar yang digunakan masih berbentuk lembar kegiatan
peserta didik dan belum terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengembangkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran pada materi
pelajaran pewarnaan rambut double aplikasi di SMK Negeri 6 Padang,
mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran berbasis video
pembelajaran pewarnaan rambut double aplikasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan model 4-D. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI KC II
SMK Negeri 6 Padang tahun ajaran 2022 yang berjumlah 32 orang. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang terdiri dari angket
validitas dan praktikalitas. Uji validitas oleh ahli materi bertujuan untuk melihat
kevalidan dari materi/isi yang dimuat didalam produk yang dikembangkan
sedangkan validasi ahli media bertujuan untuk menilai produk dari segi media,
tampilan hingga kemenarikan produk sebagai media pembelajaran. Teknik
analisis data dengan menghitung skor penilaian media video dari angket yang
diberikan dan dikategorikan sesuai dengan interprestasi yang diperoleh.
Hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran mata pelajaran
pemangkasan dan pewarnaan rambut , hasil validasi media sebesar 0,89 (kategori
sangat valid) dan validasi materi 0,82 (kategori sangat valid). Hasil praktikalitas
respon siswa sebesar 86,07% (kategori sangat praktis) dan dari respon guru
sebesar 87,2 (kategori sangat praktis.) Dari perolehan hasil tersebut, maka media
pembelajaran berbasis video pembelajaran dapat dikatakan valid dan praktis untuk
digunakan sebagai bahan ajar dikelas.disarankan untuk memanfaatkan video mata
pelajaran pemangkasan dan pewarnaan rambut untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 09:19 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 09:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14024 |