'Ulya, Mardhiatul (2017) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning dengan Teknik Jigsaw dalam Meningkatkan Kohesi Sosial Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MARDHIATUL_'ULYA_1100598_326_2017.pdf [thumbnail of B1_05_MARDHIATUL_'ULYA_1100598_326_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MARDHIATUL_'ULYA_1100598_326_2017.pdf
Download (851kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih kurangnya kohesisosial (social cohesion) siswa di sekolah, di mana hal tersebut dapat berpengaruhnegatif pada kualitas dan kuantitas hubungan sosial siswa. Penelitian ini bertujuanuntuk melihat (1) perbedaan skor kohesi sosial siswa kelompok eksperimensebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa layanan informasi menggunakanpendekatan Cooperative Learning dengan teknik Jigsaw, (2) perbedaan skorkohesi sosial siswa kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan perlakuanberupa layanan informasi tanpa menggunakan pendekatan Cooperative Learningdengan teknik Jigsaw, (3) perbedaan skor kohesi sosial siswa antara kelompokeksperimen yang diberikan layanan informasi menggunakan pendekatanCooperative Learning dengan teknik Jigsaw dan kelompok kontrol yangdiberikan layanan informasi tanpa pendekatan Cooperative Learning denganteknik Jigsaw.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganpenelitianeksperimen. Subjekpenelitian adalah siswa kelas XII Tata Boga 1 danXII Tata Boga 5 SMK N 6 Padang sebanyak 18 orang siswa sebagai kelompokeksperimen dan sebanyak 17 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Datamengenai kohesi sosial siswa diperoleh melalui penyebaran instrumen denganmenggunakan angket model skala Likert. Hasil uji reliabilitasmenggunakan rumusAlpha Cronbach dengan nilai yang diperoleh 0.979. Data kemudian dianalisismenggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov Smirnov 2Independent Samples dengan bantuan SPSS versi 20.00.Berdasarkan temuan penelitian yaitu: (1) terdapat perbedaan yangsignifikan peningkatan kohesi sosial siswa sebelum dan setelah mengikuti layananinformasi menggunakan pendekatan Cooperative Learning dengan teknik Jigsawpada kelompok eksperimen, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikanpeningkatan peningkatan kohesi sosial siswa pada kelompok kontrol, (3) terdapatperbedaan yang signifikan peningkatan kohesi sosial siswa antara kelompokeksperimen dan kelompok kontrol. Secara umum temuan penelitian ini dapatdisimpulkan bahwa layanan informasi dengan pendekatan Cooperative Learningdengan teknik Jigsaw dapat meningkatkan kohesi sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kohesi Sosial Siswa, Layanan Informasi, Teknik Jigsaw |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:54 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14015 |