Pengaruh Penggunaan Metode Think-Pair-share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat KKPI Di SMKN 1 Kec.Guguk

Satria, Devit (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Think-Pair-share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat KKPI Di SMKN 1 Kec.Guguk. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DEVIT SATRI_91711.pdf] Text
B1_5_DEVIT SATRI_91711.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan di SMKN 1 Kec.Guguk, hasil belajar siswapada mata diklat KKPI masih banyak yang dibawah KKM dengan nilai 75 yangditetapkan oleh sekolah. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata diklat KKPIdiperkirakan terjadi karena adanya penggunaan model pembelajaran yang kurangtepat dan juga kurangnya sarana pendukung di Sekolah. Salah satu cara untukmeningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan metoda pembelajaran ThinkPair-Share. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihatperbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Pairshare dan model pengajaran langsung (Direct Instruction). Populasi penelitian adalahsiswa kelas X Multimedia di SMKN 1 Kec.Guguk yang terdaftar pada tahun ajaran2011/ 2012.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehinggayang menjadi sampel adalah kelas X MA 1 yang menggunakan model pembelajaranThink-Pair-Share sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MA 2 yangmenggunakan model pengajaran langsung (Direct Instruction) sebagai kelompokkontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupasoal objektif sebanyak 25 butir soal yang telah dilakukan uji instrument. Data yangdiperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Dari hasilpenelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Think-pairshare memiliki nilai rata-rata nilai (75,34) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswayang menggunakan model pengajaran langsung (70,78). Sedangkan dari perhitunganuji t diperoleh thitung adalah 1,73 sedangkan ttabel sebesar 1,671. Dengan demikianhipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%.Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang berarti dengan penggunaan modelpembelajaran Think-pair-share terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat KKPIdi SMKN 1 Kec.Guguk.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, THINK-PAIR-SHARE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 06:53
Last Modified: 16 Jun 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item
View Item