Andhrieansyah, M.Lucky (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_M_Lucky_Andhrieansyah_14020005_1888_2019.pdf [thumbnail of B1_05_M_Lucky_Andhrieansyah_14020005_1888_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_M_Lucky_Andhrieansyah_14020005_1888_2019.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh modelpembelajaran discovery dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaanSeni Rupa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Padang.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri31 Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasieksperimental) dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Pengumpulan data dilakukanmelalui instrumen angket motivasi belajar dan tes hasil belajar untuk melihat indekskesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalahtahap pengolahan deskriptif (subjek penelitian) dan analisis induktif menggunakanprogram SPSS v. 16Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh 1) Sig-alpha (0.000 < 0,05) dan thitunglebih besar dari ttabel(6.947 > 1.668), maka Ho ditolak dan H1diterima, dengandemikian hasil belajar kelas eksperimen berbeda secara signifikan dibanding denganhasil belajar kelas kontrol, 2) Sig-alpha (0.052 > 0.05) dan thitunglebih besar dari ttabel(2.096 > 1.746), maka Ho ditolak dan H1diterima, dengan demikian hasil belajarsiswa kelas eksperimen motivasi belajar tinggi berbeda secara signifikan dengan hasilbelajar siswa kelas kontrol motivasi belajar tinggi, 3)Sig-alpha (0.000 < 0.05) danthitunglebih besar dari ttabel(4.958 > 1.746), maka Ho ditolak dan H1diterima, dengandemikian hasil belajar siswa kelas ekperimen motivasi belajar rendah berbeda secarasignifikan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol motivasi belajar rendahBerdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaanmodel pembelajaran discovery berpengaruh positif terhadap hasil belajar seni rupasiswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Discovery, Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:08 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13995 |