Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Handout terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok.

Marlina, Devi (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Handout terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DEVI_MARLINA_05046_687_2013.pdf] Text
B1_5_DEVI_MARLINA_05046_687_2013.pdf

Download (943kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa umumnya siswa kurang aktif dandalam menyelesaikan permasalahan pada mata pelajaran fisika. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatiftipe group investigation menggunakan handout terhadap hasil belajar fisika kelasX SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok.Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancanganrandomized control group only design. Populasi adalah siswa kelas X SMAN 1Kubung Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013.Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel adalahkelas sebagai kelas kontrol dan kelas sebagai kelas eksperimen. Datapenelitian adalah hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor.Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan rubrikpenskoran.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar rata-rata pada ranahkognitif adalah 80,23 untuk kelas eksperimen dan 75,68 untuk kelas kontrol. Padaranah afektif adalah 82,17 untuk kelas eksperimen dan 81,04 untuk kelas kontrol.Selanjutnya pada ranah psikomotor diperoleh 77,93 untuk kelas eksperimen dan75,11 untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap kedua kelompoksampel pada ranah kognitif didapatkan thitung = 1,86 lebih besar dari ttabel = 1,67.Pada ranah afektif didapatkan thitung = 2,74 lebih besar dari ttabel = 1,67 dan. padaranah psikomotor didapatkan thitung = 1,68 lebih besar dari ttabel = 1,67.Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yangberarti model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakanhandout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kubung KabupatenSolok dapat diterima pada taraf nyata 0,05

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HANDOUT, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2025 06:07
Last Modified: 16 Jun 2025 06:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13992

Actions (login required)

View Item
View Item