Anggreyni, Desy (2013) Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berbahasa Inggris pada Materi Kinematika dengan Analisis Vektor untuk Pembelajaran Fisika Kelas XI R-SMA-BI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DESY_ANGGREYNI_01934_645_2013.pdf [thumbnail of B1_5_DESY_ANGGREYNI_01934_645_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DESY_ANGGREYNI_01934_645_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran Fisika di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)membutuhkan sumber belajar berbahasa Inggris dan berbasis ICT, namun sumberbelajar seperti ini masih kurang ketersediannya dalam pembelajaran Fisika. Salahsatu alternatif untuk mengatasi masalah adalah dengan mengembangkan bahanajar kompilasi berbahasa Inggris. Penggunaan bahan ajar kompilasi berbahasaInggris diperkirakan dapat membuat pembelajaran Fisika menjadi lebih menarikdan membantu siswa dalam memahami pembelajaran Fisika dalam bahasaInggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar kompilasiberbahasa Inggris yang valid, praktis, dan efektif.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen before-afteryang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada dua yaitubahan ajar kompilasi berbahasa Inggris dan siswa kelas XI IPA5 R-SMA-BINegeri 3 Bukittinggi yang berjumlah 27 orang. Instrumen pengumpul data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar ujikepraktisan menurut guru Fisika, lembar uji kepraktisan menurut siswa, dan teshasil belajar siswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalahanalisis validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektifitas produk.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut yaitu pertama,telah berhasil dibuat bahan ajar kompilasi berbahasa Inggris untuk kelas XIsemester 1 dengan desain menu utama home, introduction, competence, material,evaluation, creator dan close. Kedua, hasil analisis data yang telah dilakukandapat dikemukakan bahwa desain bahan ajar kompilasi yang dihasilkan validdengan rata-rata dari tenaga ahli 80,2% dan validator kebahasaan 90%. Ketiga,bahan ajar kompilasi berbahasa Inggris pada materi kinematika dengan analisisvektor untuk kelas XI semester ganjil yang dihasilkan adalah praktis dengan ratarata nilai kepraktisan menurut guru Fisika adalah 86,7% dan nilai kepraktisanmenurut siswa 81% serta diperoleh hasil uji perbandingan rata-rata berkorelasi(uji t) sebesar 20,13 lebih besar dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,71 yangartinya penggunaan bahan ajar kompilasi berbahasa Inggris dalam implementasipembelajaran berbasis KTSP adalah efektif yang ditandai dengan peningkatanhasil belajar Fisika siswa secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR KOMPILASI, KINEMATIKA, PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:51 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 01:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13973 |